This is featured post 1 title
Replace these every slider sentences with your featured post descriptions.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com.
This is featured post 2 title
Replace these every slider sentences with your featured post descriptions.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com.
This is featured post 3 title
Replace these every slider sentences with your featured post descriptions.Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com.
Kamis, 31 Januari 2013
Rabu, 09 Januari 2013
HLookup diunakan untuk pengolahan tabel secara horizontal. Bentuk umumnya sebagai
berikut:
= HLookup(nilai kunci;nama tabel;nomor kolom)
VLookup digunakan untuk pengolahan tabel secara Vertikal. Bentuk umumnya sebagai
berikut:
= VLookup(nilai kunci;nama tabel;nomor kolom)
Fungsi HLookup dan VLookup ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan
penggunaan fungsi formula IF. Hanya saja, jika data yang dimasukkan terlalu banyak,
lebih mudah dan praktis menggunakan fungsi HLookup dan VLookup. Biasanya fungsi
ini banyak digunakan untuk memberikan kode barang diswalayan, seperti pada contoh
berikut.
Masukkan data berikut ke dalam lembar kerja Exel Anda.
Selasa, 06 November 2012
Untuk membuat
mail merge secara mudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
- Pertama, buka Microsoft
Office Word, kemudian klik tab ‘Mailings’
- Klik ‘Start Mail Merge’
lalu pilih ‘Step by Step Mail Merge Wizard’
-
Setelah itu, akan tampil jendela kecil di sebelah kanan yang akan menuntun anda
pada 6 langkah dalam membuat Mail Merge secara bertahap
- Tentukan jenis dokumen
yang ingin anda buat, misalnya apakah itu surat, pesan email, amplop, label
atau directory. Kemudian Klik ‘Next: Starting document’
-
Pada tampilan berikutnya, Anda harus men-set dokumen awal anda. Pilih ‘Use the
current document’. Kemudian pilih ‘Next: Select recipient’. Jika anda melakukan
kesalahan pada langkah Anda dapat berpindah ke jendela sebelumnya dengan
mengklik ‘Previous: Select document type’
-
Pada tampilan berikutnya, anda harus menentukan siapa saja yang akan menjadi si
penerima surat. Ada tiga pilihan yang ditawarkan,
Menentukan si
penerima dari daftar yang telah ada. Jika anda memilih opsi ini, maka anda
harus melakukan browse dari file atau database yang telah anda buat sebelumnya
Menentukan si
penerima dari kontak Outlook. Setelah itu anda harus memilih nama dan alamat
dari kontak Outlook
Menginputkan
daftar kontak baru. Jika anda memilih opsi ini, maka berikutnya anda harus
mengklik ‘Create’ dan anda akan dibawa pada form isian dimana didalamnya anda
harus menginputkan berbagai atribut si calon penerima surat, seperti judul
surat, nama awal dan nama akhir si penerima, nama perusahaan, alamat, nama
kota, kode pos serta atribut lainnya. Untuk menginputkan daftar penerima
berikutnya, klik tombol ‘New Entry’ atau klik ‘Delete Entry’ untuk menghapus si
penerima dari daftar. Setelah anda selesai menginputkan daftar penerima, lalu
klik ‘OK’. Setelah itu, anda harus menyimpan daftar yang anda inputkan tadi.
Setelah menyimpannya, kemudian klik ‘OK’
-
Setelah anda selesai menginputkan daftar penerima beserta atribut lainnya,
tersedia pilihan ‘Select a different list’ untuk memilih daftar penerima yang
lain. Ada juga opsi ‘Edit Recipient list’ jika anda ingin mengubah daftar
penerima yang telah diinputkan sebelumnya.
- Masih di jendela
tampilan yang sama, lalu klik ‘Next : Write your letter’
- Ketikkan surat anda.
Untuk menambahkan atribut-atribut surat klik ‘Insert Merge Field’ dan cocokkan
tata letak atribut di bagian surat yang tepat.
-
Tambahkan berbagai atribut surat lainnya dengan mengakses jendela panel yang
terletak vertikal di sebelah kanan. caranya yaitu dengan menempatkan kursor di
salah satu bagian surat yang ingin anda tambahkan atribut tersebut.
Atribut-atribut yang tersedia, antara lain seperti address block dan pembukaan
surat. Ada juga Electronic postage (perangko elektronik) dengan syarat anda
harus menginstalkan terlebih dahulu software perangko elektronik di komputer
anda. Software yang dimaksud juga bisa anda dapatkan di website Microsoft dan
anda dapat menginstalkannya sebagai add-ins. Disamping itu, ada juga opsi ‘More
items’. Opsi ini yang biasanya digunakan untuk menginputkan berbagai atribut
surat di beberapa bagian surat tertentu (sesuai dengan penempatan kursor).
- Langkah berikutnya adalah
melakukan preview pada surat anda. Setelah itu, berikutnya surat anda secara
otomatis akan menduplikasikan diri sebanyak jumlah penerima yang anda inputkan
sebelumnya, Setiap lembar surat akan memiliki konten yang sama tetapi dengan
atribut-atribut yang bebeda. Klik tanda panah ke kanan atau panah ke kiri untuk
melihat tampilan surat anda setelah disisipi berbagai atribut. Anda juga dapat
menghapus surat dengan penerima tertentu dengan meng-klik tombol ‘Exclude this
recipient’
-
Terakhir, Klik ‘Next: Complete the merge’ dan berikutnya Anda dapat mencetak
semua surat yang anda ketikkan dengan mengklik ‘Print’. Pilihan lainnya, jika
terdapat pada surat-surat anda, klik ‘Edit individual letters’ untuk
mengeditnya.
- Pertama, buka Microsoft Office Word, kemudian klik tab ‘Mailings’
- Klik ‘Start Mail Merge’ lalu pilih ‘Step by Step Mail Merge Wizard’
- Tentukan jenis dokumen yang ingin anda buat, misalnya apakah itu surat, pesan email, amplop, label atau directory. Kemudian Klik ‘Next: Starting document’
- Masih di jendela tampilan yang sama, lalu klik ‘Next : Write your letter’
- Ketikkan surat anda. Untuk menambahkan atribut-atribut surat klik ‘Insert Merge Field’ dan cocokkan tata letak atribut di bagian surat yang tepat.
- Langkah berikutnya adalah melakukan preview pada surat anda. Setelah itu, berikutnya surat anda secara otomatis akan menduplikasikan diri sebanyak jumlah penerima yang anda inputkan sebelumnya, Setiap lembar surat akan memiliki konten yang sama tetapi dengan atribut-atribut yang bebeda. Klik tanda panah ke kanan atau panah ke kiri untuk melihat tampilan surat anda setelah disisipi berbagai atribut. Anda juga dapat menghapus surat dengan penerima tertentu dengan meng-klik tombol ‘Exclude this recipient’
Selasa, 30 Oktober 2012
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. (Sumber: id.wikipedia.org)
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word.
Digunakan untuk :
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
9.1 Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.
1. Klik Page Layout
a. Klik Tab Margin
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin dan tentukan:
* Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
* Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
* Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
* Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
* Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
* Gutter Position : Letak gutter.
* Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
* Preview : Tampilan layar Word.
a. Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
b. Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
1. Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
2. Klik menu Home – Change Case
- Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
- Tekan tombol kombinasi:
o Untuk 1 spasi tekan Ctrl + 1 (Single)
o Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + 5 (1,5 lines)
o Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2 (Double)
1. Membuat Border
Dari tab Page Layout klik ikon page borders
Page Border : Membuat garis bingkai halaman.
* Setting : Memilih bentuk bingkai halaman.
* Style : Memilih bentuk garis bingkai halaman.
* Color : Memilih warna garis bingkai halaman.
* Width : Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
* Art : Memilih jenis bingkai halaman.
*Options : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
Klik OK
Klik tab Page Layout
* Klik icon Columns
* Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
* Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.
- Number of columns : Menentukan jumlah kolom.
- Width : Menentukan lebar kolom
- Preview : Melihat tampilan sementara
* Klik OK
* Klik tab insert
* Klik di Icon Drop Cap
* Pilih Dropped atau In Margin
* Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options
* Tentukan pengaturannya :
- Position : Pilih letak teks yang diinginkan.
- Font : Pilih jenis huruf.
- Lines to drop : Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
- Distance from text : Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
* Klik OK
Untuk dapat menyisipkan nomor di setiap lembar atau halaman pada microsoft word 2007, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
* Number format : Memilih format nomor halaman.
* Page numbering : Mengatur urutan nomor halaman.
- Continue from previous section : Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.
- Start At : Pengaturan nomor halaman awal
* Size : Memilih ukuran huruf.
* B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal.
* I (Italic) : teks WordArt cetak miring
=> Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan. Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
o Table size : Ukuran table.
* Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
* Number of rows : Tentukan jumlah baris
o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
=> OK
B. Fasilitas Pengolahan Tabel
Dari Menu Tab pilih :
Selasa, 16 Oktober 2012
Selasa, 09 Oktober 2012
digunakan untuk menampilkan seluruh drive, folder, dan file yang ada pada komputer
berfungsi untuk melihat dan menyimpan data yang digunakan sehari hari. sebagai browser standar windows yang digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi dari suatu situs atau web.
ToolBar
AddressBar
tombol ukuran
minimize
-name : urut abjad
-size : besar ukuran file
-type : Jenis/Type file
-modified : tanggal pembatan